TOUCH SCREEN TABLET TIDAK BERFUNGSI


Apakah anda pernah mengalami kerusakan pada tablet?. Kalau ya, maka sebuah musibah bagi anda. Apalagi tablet yang anda miliki adalah tablet kesayangan dengan berbagai macam keunggulan dan kelebihannya. Lebih parah lagi, jika ada data-data penting dalam tablet anda, maka bagaimana jadinya jika hilang atau diambil orang saat memperbaikinya, tentu anda tidak meginginkannya. Oleh karena itu, sebagai sebuah antisipasi awal, maka sebaiknya anda menyimpan data-data dalam memori eksternal dan pada program-program di tablet sebaiknya anda tidak menjadikannya login otomatis, karena bisa jadi orang lain akan memanfaatkannya untuk keperluan yang merugikan anda sendiri.

Kerusakan pada tablet setiap orang bermacam-macam, tapi bagi anda yang pernah mengalami tidak berfungsinya touch screen, tentu sangat menjengkelkan. Karena tidak ada yang bisa dilakukan. Berbeda dengan kerusakan pada program, masih ada yang bisa dipencet atau disentuh. Tapi kalau layar sentuhnya sudah tidak berfungsi, maka alamat tidak bisa diapa-apakan, hanya diputar-putar saja, mematikannya juga tidak bisa, kecuali dengan dicabut baterainya.

Dalam keadaan seperti itu, untuk memperbaki layar sentunya (touch screen) tentu sangat mahal. Bahkan harganya tidak jauh berbeda dengan aslinya. Artinya lebih baik beli yang baru ketimbang memperbaiki layar sentuhnya. Untuk itu saran saya juga, karena menggunakan elektronik itu cepat membosankan, dan cepat usang dengan model-model baru. Maka alangkah baiknya anda tidak membeli tablet yang terlalu mahal dengan fitur-fitur sama dengan lainnya. Belilah tablet yang murah tapi lumayan bagus dan mempunyai fitur-fitur yang menjadi kesukaan anda. Karena saya yakin, tidak sampai satu tahun, anda pasti mengganti tablet anda dengan yang terbaru.

Tapi bagi anda yang cukup menyayangi tablet yang rusak, dan tetap ngotot untuk memperbaikinya. Saya mempunyai pengalaman, bagaimana mengatasinya. Untuk merk tablet tidak menjadi masalah. Kebetulan tablet yang saya perbaiki adalah tablet merk Treq. Dan saya kira semua tablet, selama menggunakan aplikasi android, maka hampir sama menu dan tombol yang ada pada tablet, hanya beberapa fasilitas data saja yang berbeda.

Langkah pertama anda lakukan adalah, anda perlu memastikan terlebih dahulu, apakah tidak berfungsinya touch screen karena hanya pemakaian biasa saja, atau rusak karena jatuh yang menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya. Karena yang saya alami adalah kerusakan dengan pemakaian biasa, tanpa ada sebab musabbab yang jelas, layarnya tidak berfungsi sama sekali. Untuk menggesar kuncinya saja tidak bisa. Kedua, kalau sudah anda pastikan kerusakannya karena apa, maka selanjutnya adalah, tombol apa saja yang disediakan pada tablet, perhatikan dengan baik-baik. Terutama pada tombol-tombol untuk mematikan dan menghidupkan atau melakukan pemerograman ulang. Ketiga, kalau pada tombok hidup dan mematikan tidak bisa mematikan tablet, maka carilah tombol kecil, tidak terlalu menonjol, tapi cukup kelihatan apabila anda tidak menggunakan penutup tablet. Tidak bisa dirasakan dengan jari-jari, tapi kalau anda memperthatikan pasti tahu. Nah, itu bagi anda yang pada tabletnya tidak ada keterangan pada tombol-tombol tersebut hanya tanda saja. Tapi bagi anda yang sudah tertera keterangannya, maka jangan susah-susah untuk mencari dan meraba, cukup melihat apakah ada keterangan tombol yang bertuliskan “reset”. Kalau ada maka anda tinggal memencet tobol reset dengan benda kecil, bisa korek api atau lainnya, yang penting setelah dipencet terdengar suara “klik”. Maka tidak lama tablet akan me-restart, tunggulah beberapa detik. Setelah hidup sempurna, cobalah menggeser kunci tablet pelan-pelan, jangan lupa baca bismillah, insyaallah tablet anda akan sempurna seperti semula. Kalau tidak bisa, lakukan berulang-ulang. Tapi kalau tidak bisa juga, maka lebih baik beli yang baru saja.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama