HERACLIUS PUN MENCINTAI NABI


Heraclius bertanya kepada Abu sufyan  tentang Rasulullah saw. “ apa yang diperintahkan kepada kalian?” Abu Sufyan menjawab, “ beliau memerintahkan, “sembahlah Allah semata dan jangan menyekutukannya, tinggalkan ajaran nenek moyang kalian. Beliau juga memerintahkan kami untuk melaksanakan shalat, jujur, menjaga harga diri dan menjalin persaudaraan.”
Sebelumnya Heraclius bertanya kepada Abu Sufyan, “ apakah kalian menuduhnya berbohong sebelum dia mengatakan apa yang telah ia katakan?” Abu Sufyan menjawab, “tidak pernah”! “ apakah dia berkianat?”, dia menjawab, “tidak pernah”.
Lalu Heraclius berkata kepada Abu Sufyan, “ seandainya apa yang engkau katakan adalah benar, tidak lama dia akan menguasai tempat kakiku ini. Aku tahu bahwa dia akan datang, namun aku tidak mengira dia berasal dari kalian. Sendainya aku mengetahui bahwa aku akan selamat sampai kepadanya, maka aku memilih  untuk menemuinya. Jika aku berada di sampingnya, niscaya aku akan membasuh kakinya.” (Hadis ini diriwayatkan oleh bukhari)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama