Tujuan pengembangan keterampilan merupakan tujuan harapan-harapan jangka panjang untuk perkembangan keterampilan dan perilaku anak. Agar perencanaan pembelajaran terwujud, maka tujuan-tujuan ini harus dibatasi pada lingkup tujuan-tujuan yang tidak berlangsung dan hasil-hasil pembelajaran khusus.
Tujuan-tujuan program perkembangan keterampilan (Psikomotorik; Penyadur) secara langsung berhubungan dengan keterampilan-keterampilan dan perilaku-perilaku yang memungkinkan anak-anak bersaing melakukan secara efektif di sekolah. Kesemuanya ini meliputi kegiatan membaca; berbahasa; menulis dan berhitung, dan perilaku-perilaku yang diharapkan sekolah. [1]
Tekanan utama diletakkan pada perkembangan keterampilan-keterampilan akademik ini. Oleh karenanya, walau tujuan-tujuan telah dinyatakan bagi lingkup psikomotor dan sikap, tetap berkaitan dengan fokus ini. Berikut ini adalah prototipe tujuan-tujuan bagi program keterampilan-keterampilan siswa atau anak. Lebih kurangnya tujuan ini adalah sebagai berikut ;
- Perkembangan Kognititf
1. Anak-anak akan merekam atau mengungkap bahasa-bahasa tertulis;
2. Anak akan mengembangkan konsep-konsep angka
3. Anak akan mengambangkan kemampuan untuk memecahkan soalsoal berhitung
2. Anak akan mengembangkan konsep-konsep angka
3. Anak akan mengambangkan kemampuan untuk memecahkan soalsoal berhitung
- Perkembangan berbahasa
1. Anak akan berbicara dengan benar dalam bahasa Inggris ( di sini bahasa Indonesia; penyadur ) yang standar.
2. Anak akan menggunakan konsep-konsep “lawan kata-kata” dan yang berkaitan
3. Anak akan mengikuti petunjuk-petunjuk yang kompleks
2. Anak akan menggunakan konsep-konsep “lawan kata-kata” dan yang berkaitan
3. Anak akan mengikuti petunjuk-petunjuk yang kompleks
- Perkembangan sikap (Affective)
1. Anak-anak akan menunjukkan sikap positif terhadap sekolah dan kegiatan belajarnya
2. Anak-anak akan mengembangkan konsep diri yang positif dengan mengalami sendiri keberhasilan-keberhasilan akademiknya
3. Anak-anak akan berinteraksi dengan efektif terhadap orang-orang dewasa dan anak-anak lainnya
4. Tujuan-tujuan di atas adalah pernyataan-pernyataan yang berorientasikan pada produk, sebagai kebalikan dari pernyataan-pernyataan yang berorientasi pada proses. Tujuan-tujuan yang berorientasi pada produk, lebih terfokuskan pada hasil-hasil spesifik yang dapat diamati, yakni produk-produk akhir dan sama sekali bukan proses, bagaimana dan mengapa sesuatu itu diperoleh atau di capai [2]
2. Anak-anak akan mengembangkan konsep diri yang positif dengan mengalami sendiri keberhasilan-keberhasilan akademiknya
3. Anak-anak akan berinteraksi dengan efektif terhadap orang-orang dewasa dan anak-anak lainnya
4. Tujuan-tujuan di atas adalah pernyataan-pernyataan yang berorientasikan pada produk, sebagai kebalikan dari pernyataan-pernyataan yang berorientasi pada proses. Tujuan-tujuan yang berorientasi pada produk, lebih terfokuskan pada hasil-hasil spesifik yang dapat diamati, yakni produk-produk akhir dan sama sekali bukan proses, bagaimana dan mengapa sesuatu itu diperoleh atau di capai [2]
[1]Chourmain, Imam. Pendidikan-pendidikan Alternatif Pendidikan Anak Usia Dini , Jakarta : Rineka Cipta , 2011, hlm 15
[2]Ibid, hlm 17
Posting Komentar