BEBERAPA HADIS ANJURAN DALAM MEMPELAJARI ILMU FAROID

Hadis-hadis yang warid dalam masalah memperlajari ilmu faroid banyak sekali di antaranya:

1. Apa yang diriwayatkan olehg Ibnu Majah dari Abdullah ibn ‘Umar ibn al-Ash radiyallahu ‘anhuma. Bahwasanya Rasulullah sallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “ ilmu itu ada tiga, apa yang selain itu adalah Fadl (tambahan/sampingan), ayat-ayat muhkamat, sunnah yang ditegakkan, dan bagiah (faridah) yang adil”.

2. Imam Ahmad, al-Tirmizi, dan al-Hakim meriwayatkan dari Ibn Mas’ud radiyallahu ‘anhu. Bahwasanya Nabi sallahu ‘laihi wa sallam bersabda, “ pelajarilah ilmu faraoid dan ajarkalah manusia, maka sesungguhnya setelah aku (Nabi) diangkat/diwafatkan, dan sesungguhnya ilmu itu akan diangkat, dan akan muncul fitnah, sampai dua orang berbeda pendapat dalam masalah faroid,  maka mereka tidak menemukan orang yang dapat menyelesaikannnya (memisahkannya) antara keduanya”. 








3. Diriwayatkan juga bahwasanya Rasulullah sallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ barangsiapa yang mengajarkan faroid, maka sama seperti ia memerdekakan sepuluh orang budak. Dan barangsiapa yang memutus bagian (mitras), maka akan memotong bagiannya dari syurga”.


(disarikan dari kitab al-Ra’id fi ‘ilm al-faraoid oleh Muhammad al-‘ied al-khatrawy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama