SAP METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN 1

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

A.     IDENTITAS MATA KULIAH
Mata Kuliah            : Metode Penelitian Pendidikan 1
Jumlah SKS           : 2 (dua)
Jurusan/Prodi         : Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam STAI Nurul Hakim Kediri Lobar
Semester               : V A & B
Dosen                    : Weli Arjuna Wiwaha, M.Pd.I
Email                     : ibnshoba@yahoo.co.id

B.     DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Metode Penelitian Pendidikan ini pada dasarnya dapat diambil setelah menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia dan Bimbingan karya ilmiah. Karena kedua mata kuliah ini sebagai pondasi dalam memahami tata cara penulisan dalam penelitian.
Mata kuliah metode penelitian dalam semester ini akan lebih fokus pada metode penelitian kualitatif. Karena pada dasarnya, penelitian tentang manusia (human being) akan lebih cocok diteliti dengan penelitian kualitatif. Manusia sifatnya berubah-ubah, tidak tetap seperti benda yang menjadi konsentrasi penelitian kualitatif. Kalau ada perubahan dari yang semestinya maka menjadi varian baru dalam penelitian kualitatif. Walupun pada dasarnya juga secara umum dapat menggunakan penelitian kualitatif dan meneliti manusia.
Karena mata kuliah ini fokus pada penelitian kualitatif, maka konsep-konsep dan teori-teori dari penelitian kualitatif akan disajikan secara konferehensif, baik yang makro maupun mikro. Hal ini diberikan sebagai pondasi dasar akan penelitian kualitatif, sehingga mahasiswa dapat menentukan jenis maupun pendekatan yang akan dipakai, sesuai dengan minat dan keinginan mahasiswa.

C.     MATERI PERKULIAHAN
1.       Pengertian dan konsep penelitian
2.       landasan berpikir dan proses penelitian
3.       paradigma dalam penelitian
4.       penelitian kualitatif versus penelitian kuantitatif
5.       Penelitian kualitatif dalam skala mikro
6.       Penelitian kualitatif berbasis Studi Kasus
7.       penelitian kualitatif berbasis Grounded theory
8.       Ujian Tengah Semester (UTS)
9.       penelitian kualitatif berbasis Fenomenology
10.   penelitian kualitatif berbasis Etnografy
11.   Penelitian kualitatif berbasis Etnometodology
12.   penelitian kualitatif berbasis Hermeneunitik
13.   penelitian kualitatif berbasis Histrogarafy/tokoh
14.   Penelitian kualititaif berbasis Dramaturgi
15.   Presenstasi Mahasiswa
16.   Ujian Akhir Semester (UAS)

D.     PROSES PEMBELAJARAN
Pelaksanaan proses belajar mengajar pada mata kuliah ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan pemahaman mendalam dengan menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran. Pemahaman mendalam akan dilaksanakan dengan menuntaskan satu permasalahan dan teori penelitian, kemudian mahasiswa diberikan tugas untuk membuat contoh dari satu teori ke teori lainnya. Di samping itu juga mahasiswa diberikan tugas untuk membuat makalah sebagai rancangan penelitian.

E.      EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN
Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa dilakukan proses evaluasi dalam berbagai jenis dan bentuk. Jenis evaluasi yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah: (1) Penulisan Makalah/Tugas/Penampilan (30%), (2) Ujian Tengah Semester (20%), dan (3) Ujian Akhir Semester (30%) dan kehadiran di kelas (20%). Bentuk evaluasi yang digunakan adalah Ujian Tulis, Penugasan.  

1.       BUKU RUJUKAN
Moleong, L. J. 2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya.
Sugiyono. 2007. MetodePenelitianPendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Creswll, Jonh W. 2012. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Holloway, Immy dan Christine Paymea. 2008. Riset Kualitatif dalam Public Realitons dan Marketing Communications. Terj.Yogyakarta: Bentang.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhadjir, Noeng. 2007. Metodologi Keilmuan Paradigma Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Denzin, Norman K dan Yvunna S. Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research. Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama