SAP DESAIN PEMBELAJARAN PAI

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

A.   IDENTITAS MATA KULIAH
Mata Kuliah  : Desain Pembelajaran PAI
Jumlah SKS : 2 (dua) sks
Prasayarat     : -
Jurusan/Prodi: Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam IAI Nurul Hakim Kediri Lobar
Semester       : VI (Enam) Ekstensi
Dosen            : Weli Arjuna Wiwaha, M.Pd.I
Email              : ibnshoba@yahoo.co.id 

B.   DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah profesi yang diberikan kepada mahasiswa prodi PAI pada semester VI ekstensi. Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai konsep dasar perencanaan pembelajaran, desain perencanaan pembelajaran,  dan model-model perencanaan pembelajaran PAI di sekolah/Madrasah. Inti dari mata kuliah ini, mahasiswa dapat membuat perencanaan pembelajaran secara umum pada mata pelajaran PAI dari awal tahun sampai akhir tahun pembelajaran. Dan yang paling dalam proses pembelajaran adalah membuat RPP.

C.   PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN
Pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran ini adalah dengan pendekatan berbasis pada mahasiswa, di mana mahasiswa akan membuat desain-desain pembelajaran PAI yang lebih baik dan dapat meningkatkan pembelajaran. Tidak hanya sekedar pengetahuan saja, tapi bagaimana mengembangkan softskill dari siswa. Penugasan-penugasan dengan membuat makalah dan diskusi memecahkan masalah seputar pembelajaran PAI menjadi metode untuk lebih memberikan pemahaman.
D.   MATERI PERKULIAHAN
1.    Kurikulum PAI di Sekolah
2.    Manfaat, fungsi, dan  Desain Perencanaan Pembelajaran
3.    Konsep Dasar desain Perencanaan Pembelajaran
4.    Desain perencanaan Kurikulum
5.    Desain Perencanaan materi PAI
6.    Desain Perencanaan Metode dan Pendekatan
7.    Desain Perencanaan Evaluasi
8.    Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
E.   RINCIAN PERTEMUAN
PERTEMUAN 1            : Pengantar Perkuliahan, kontrak belajar, deskripsi umum materi perkuliahan
PERTEMUAN 2            : Landasan dan Kurikulum PAI di Sekolah/Madrasah
PERTEMUAN 3            : Konsep Dasar Desain Perencanaan Pembelajaran
PERTEMUAN 4            : Desain Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran
PERTEMUAN 5            : Desain Materi Pembelajaran
PERTEMUAN 6            : Desain Strategi Pembelajaran
PERTEMUAN 7            : Desain Evaluasi Pembelajaran
PERTEMUAN 8            : UTS
PERTEMUAN 9            : Desain Program Tahunan dan Semester
PERTEMUAN 10          : Desain Silabus Pembelajaran
PERTEMUAN 11          : Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
PERTEMUAN 12          : Desain Evaluasi dan Remedial
PERTEMUAN 13          : Desain Program Pengayaan
PERTEMUAN 14          : Inovasi Perencanaan Pembelajaran PAI
PERTEMUAN 15          : UAS

F.    EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN
Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa dilakukan proses evaluasi dalam berbagai jenis dan bentuk. Jenis evaluasi yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah: (1) Penulisan Makalah/Tugas/Penampilan (30%), (2) Ujian Tengah Semester (20%), dan (3) Ujian Akhir Semester (30%) dan kehadiran di kelas (20%). Bentuk evaluasi yang digunakan adalah Ujian Tulis, Penugasan. 

G.   BUKU RUJUKAN
Fatah, Nanang. 2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran  Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung:. PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama