RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) PAI V

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

A.     IDENTITAS MATA KULIAH
Mata Kuliah            : Metode Penelitian Pendidikan 1
Jumlah SKS           : 2 (dua)
Jurusan/Prodi         : Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam IAI Nurul Hakim Kediri Lobar
Semester               : V (lima)
Dosen                    : Weli Arjuna Wiwaha, M.Pd.I
Email                     : ibnshoba@yahoo.co.id


B.     DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Metode Penelitian Pendidikan ini pada dasarnya dapat diambil setelah menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia dan Bimbingan karya ilmiah. Karena kedua mata kuliah ini sebagai pondasi dalam memahami tata cara penulisan dalam penelitian.
Mata kuliah metode penelitian dalam semester ini akan lebih fokus pada metode penelitian kualitatif. Karena pada dasarnya, penelitian tentang manusia (human being) akan lebih cocok diteliti dengan penelitian kualitatif. Manusia sifatnya berubah-ubah, tidak tetap seperti benda yang menjadi konsentrasi penelitian kualitatif. Kalau ada perubahan dari yang semestinya maka menjadi varian baru dalam penelitian kualitatif. Walupun pada dasarnya juga secara umum dapat menggunakan penelitian kualitatif dan meneliti manusia.
Karena mata kuliah ini fokus pada penelitian kualitatif, maka konsep-konsep dan teori-teori dari penelitian kualitatif akan disajikan secara konferehensif, baik yang makro maupun mikro. Hal ini diberikan sebagai pondasi dasar akan penelitian kualitatif, sehingga mahasiswa dapat menentukan jenis maupun pendekatan yang akan dipakai, sesuai dengan minat dan keinginan mahasiswa.

C.     KOMPETENSI MATA KULIAH
1.       Capaian Pembelajaran Lulusan (Standar Kompetensi)
Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian berdasarkan jenis penelitian dan pendekatannya serta metodologinya dalam bentuk tulisan (paper/makalah).
2.        Kemampuan akhir tahapan memnuhi Capaian Pembelajaran Lulusan (Kompetensi Dasar)
a.       Mampu menguraikan konsep penelitian pada pendidikan agama Islam (PAI)
b.       Mampu menguraikan teori paradigma berpikir dalam penelitian PAI
c.       Mampu menguraikan perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif
d.       Mampu menguraikan teori-teori penelitian kualitatif dalam skala mikro
e.       Mampu menguraikan masalah-masalah penelitian yang layak menjadi penelitian
f.        Mampu mengkonstruk teori-teori sesuai dengan rancangan penelitian
g.       Mampu menguraikan teori dalam melakukan observasi
h.       Mampu menguraikan teori dalam melakukan wawancara yang baik
i.         Mampu mempraktikkan wawancara di lapangan dengan baik
j.         Mampu membuat analisis penelitian dengan rancangan penelitian kualitatif

D.     ALOKASI RENCANA WAKTU  PERKULIAHAN
1.       Pertemuan Pertama: pengertian dan konsep penelitian
2.       Pertemuan Kedua: konsep penelitian pada pendidikan agama islam (PAI)
3.       Pertemuan ketiga: paradigma dalam penelitian
4.       Pertemuan keempat: penelitian kualitatif versus penelitian kuantitatif
5.       Pertemuan kelima: penelitian kualitatif dalam skala mikro (Studi Kasus, Fenomenology, Etnografy)
6.       Pertemuan keenam: penelitian kualitatif dalam skala mikro (Kajian Teks Library), Hermeneunitik,  Histrogarafy/tokoh
7.       Pertemuan ketujuh: konsep permasalahan dalam penelitian
8.       Pertemuah kedelapan: membuat pertanyaan penelitian sesuai dengan pendekatan
9.       Pertemuan kesembilan: konsep observasi, wawancara, dan dokumentasi
10.   Pertemuan kesepuluh: Praktek observasi, wawancara, dan dokumentasi
11.   Pertemuan kesebelas: Presentasi mini penelitian

E.      PROSES PEMBELAJARAN
Pelaksanaan proses belajar mengajar pada mata kuliah ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan pemahaman mendalam dengan menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran. Pemahaman mendalam akan dilaksanakan dengan menuntaskan satu permasalahan dan teori penelitian, kemudian mahasiswa diberikan tugas untuk membuat contoh dari satu teori ke teori lainnya. Di samping itu juga mahasiswa diberikan tugas untuk membuat makalah sebagai rancangan penelitian.
F.      EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN
Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa dilakukan proses evaluasi dalam berbagai jenis dan bentuk. Jenis evaluasi yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah: (1) Penulisan Makalah/Tugas/Penampilan (30%), Praktek lapangan (25 %), Ujian Akhir Semester (15%) dan kehadiran di kelas (30%). Bentuk evaluasi yang digunakan adalah Ujian Tulis, Penugasan.  

G.     BUKU RUJUKAN
Moleong, L. J. 2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya.
Sugiyono. 2007. MetodePenelitianPendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Creswll, Jonh W. 2012. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Holloway, Immy dan Christine Paymea. 2008. Riset Kualitatif dalam Public Realitons dan Marketing Communications. Terj.Yogyakarta: Bentang.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhadjir, Noeng. 2007. Metodologi Keilmuan Paradigma Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Denzin, Norman K dan Yvunna S. Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research. Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

H.     SARAN-SARAN

1.       Hal-hal yang kurang jelas, silahkan kontak di dalam kelas atau di kampus (087765866682).
2.       Biasakanlah bekerja dengan rencana/jadwal. Sangat kurang arif menunda-nunda pekerjaan, apalagi ketika pekerjaan yang membutuhkan perenungan dan refleksi.
3.       Jadwallah tugas-tugas kuliah anda khususnya yang menuntut penulisan makalah-makalah.

4.       Nikmatilah kuliah anda, sebagaimana anda menikmati hidup. jangan jadikan beban, agar anda tidak stress di kemudian hari.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama