RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) PAI III

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

A.   IDENTITAS MATA KULIAH
Mata Kuliah          : Materi Pendidikan Agama Islam MTS dan MA
Jumlah SKS         : 2 (dua)
Jurusan/Prodi       : Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam
Semester             : III (tiga)
Dosen                   : Weli Arjuna Wiwaha, M.Pd.I
Email                    : ibnshoba@yahoo.co.id
Instansi                 : Institut Agama Islam (IAI) Nurul Hakim
Alamat                  : Jalan TGH. Abdul Karim Kediri Lombok Barat NTB



B.   DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah materi PAI pada MTs dan MA ini adalah mata kuliah untuk mengkaji materi PAI/PI pada jenjang pendidikan agama tingkat MTs dan MA. Kajian materi yang dilakukan adalah kajian tentang materi-materi PAI/PI tersebut pada setiap jenjang, apakah materi yang ditawarkan selama ini sesuai dengan perkembangan siswa/siswi atau materi yang disajikan melampaui dari usia mereka. Atau materi tersebut sudah layak diajarkan pada jenjang mereka atau tidak. Kajian didekati dengan berbagai macam disiplin ilmu agar lebih konferehensif. Apalagi saat ini kurikulum 2013  secara bertahap mulai akan diberlakukan lagi. Di mana dalam pengambilan pengetahuannya diusahan dengan cara scientific dan muatan dari materinya harus berkarakter.
Dua kajian di atas menjadi perhatian besar dalam kajian materi PAI ini, sehingga akhirnya dapat menjadi sumbangsih dalam pengembangan pengetahuan siswa/siswi ke depan.

C.   KOMPETENSI MATA KULIAH
1.        Capaian Pembelajaran Lulusan (Standar Kompetensi)
Mahasiswa mampu melakukan analsis materi pada materi pendidikan islam di tingkat MTs/MA dalam bentuk makalah.
2.    Kemampuan akhir tahapan memnuhi Capaian Pembelajaran Lulusan (Kompetensi Dasar)
a.       Mahasiswa mampu menguraikan konsep kurikulum 2013
b.       Mahasiswa mampu menguraikan konsep pendidikan agama islam dalam undang-undang pendidikan dan kurikulum 2013.
c.       Mahasiswa mampu menganalsis materi aqidah akhlak pada madrasah tsanawiyah
d.       Mahasiswa mampu menganalisi materi al-qur’an hadis pada madrasah tasanawiyah.
e.       Mahasiswa mampu menganalisis materi sejarah kebudayaan islam pada madrasah tsanawiyah
f.        Mahasiswa mampu menganalisis materi Fiqih pada madrasah tsanawiyah
g.       Mahasiswa mampu menganalsis materi aqidah akhlak pada madrasah aliyah
h.       Mahasiswa mampu menganalisi materi al-qur’an hadis pada madrasah aliyah.
i.         Mahasiswa mampu menganalisis materi sejarah kebudayaan islam pada madrasah aliyah.
j.         Mahasiswa mampu menganalisis materi Fiqih pada madrasah aliyah

D.   ALOKASI RENCANA PERKULIAHAN
1.    Pertemuan pertama; Kebijakan pemerintah tentang kurikulum 2013
2.    Pertemuan kedua;Konsep dasar kurikulum 2013
3.    Pertemuan ketiga;Pelajaran Agama dalam kurikulum 2013
4.    Pertemuan keempat;Materi PI MTs/MA (Aqidah Akhlak, al-Qur’an Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Fiqih) konsep, karakter yang dapat dimunculkan dalam setiap pelajaran dan materi pelajaran
5.    Pertemuan kelima; analsis materi aqidah Akhlah MTs
6.    Pertemuan keenam; analsis materi  al-Qur’an Hadis MTs.
7.    Pertemuan ketujuh; analsis materi  sejarah kebudayaan islam MTs.
8.    Pertemuan kedelapan; analsis materi  fiqih MTs.
9.    Pertemuan kesembilan; analsis materi  aqidah akhlak MA
10.  Pertemuan kesepuluh; analsis materi  al-Qur’an Hadis MA
11.  Pertemuan kesebelas; analsis materi  sejarah kebudayaan islam MA
12.  Pertemuan keduabelas; analsis materi  fiqih MA

E.    PROSES PEMBELAJARAN
1.    Metode ceramah Aktif
2.    Diskusi
3.    Presentasi
4.    Penugasan

F.    BENTUK PENILAIAN
Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa dilakukan proses evaluasi dalam berbagai jenis dan bentuk. Jenis evaluasi yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah: Penulisan Makalah/Tugas/Penampilan (40%), Ujian Akhir Semester (20%) dan kehadiran di kelas (40%). Bentuk evaluasi yang digunakan adalah Ujian Tulis, Penugasan.     

G.   BUKU Pegangan

A.  Kusuma,  Doni.  2007. Pendidikan  Karakter;  Strategi  Mendidik  Anak  di  Zaman Global . Jakarta: Grasindo,

Al-Rasyidin, H. Samsul Nizar,. 2003. Filsafat Pendidikan Islam. Ciputat : Ciputat Press.

Direktorat Pendidikan Madrasah Kementrian Agama. 2010. Wawasan Pendidikan Karakter  dalam  Islam.  Jakarta:  Direktorat  Pendidikan  Madrasah Kementrian Agama.

Hidayatullah,  Furqon. 2010.  Pendidikan  Karakter;  Membangun  Peradaban  Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Junaedi, Mahfud. 2010.  Ilmu Pendidikan Islam. Semarang : Rasail Media Group.

Kesuma,  Dharma. 2011.  Pendidikan  Karakter:  Kajian  Teori  dan Praktek  di SekolahBandung: PT Remaja Rosdakarya.

Langgulung,  Hasan. 1998.  Asas-asas  Pendidikan  Islam.  Jakarta:  Radar  Jaya  Offest.

Majid, Abdul, Dian Andayani.2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin    Azzet Akhmad. 2011.  Urgens Pendidikan    Karakte di   Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Muhaimin, dkk.2004. Paradigma Pendidikan Islam.  Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich,    Masnur. 2011. Pendidikan     Karakter;    Menjawab    Tantangan    Krisis Multidimensional.  Jakarta: Bumi Aksara.

A.     SARAN-SARAN

1.       Hal-hal yang kurang jelas, silahkan kontak di dalam kelas atau di kampus (087765866682).
2.       Biasakanlah bekerja dengan rencana/jadwal. Sangat kurang arif menunda-nunda pekerjaan, apalagi ketika pekerjaan yang membutuhkan perenungan dan refleksi.
3.       Jadwallah tugas-tugas kuliah anda khususnya yang menuntut penulisan makalah-makalah.
4.       Nikmatilah kuliah anda, sebagaimana anda menikmati hidup. jangan jadikan beban, agar anda tidak stress di kemudian hari.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama